15 Merek Clothing Distro Lokal Indonesia Yang Koleksinya Bagus

15 Merek Clothing Distro Lokal Indonesia Yang Koleksinya Bagus
unsplash.com Highlight.ID – Tampil stylish dan fashionable menjadi kebutuhan bagi sebagian besar anak muda. Mereka umumnya membutuhkan media untuk berekspresi dan mengungkapkan eksistensinya di hadapan teman-temannya. Salah satu media yang menjadi pilihan anak muda untuk mengekspresikan style-nya yaitu melalui aneka ragam produk fashion yang ditawarkan oleh brand-brand lokal.

Fashion model lokalyang dikemas dalam konsep distro pakaian sangat digemari di Indonesia. Bahkan tak jarang, brand-brand lokal tersebut memiliki fans sendiri yang terbilang loyal. Beragam cara pun dilakukanclothing line lokal untuk memperkenalkan produk-produknya baik melalui promosi secara on-line maupun dengan mengikuti occasion trend. Setiap koleksi produk fashion terbaru yang dirilis olehclothing line lokal tersebut menjadi incaran para penggemar fashion.

Merek clothes lokal apa yang menjadi pilihan? Beredarnya produk-produk style yang dijual oleh model lokal menjadi pertanda bahwa industri fesyen di tanah air memiliki potensi yang sangat besar. Setiap kali ada occasion distro terbaru seperti JakCloth yang menampilkan trend brand lokal selalu dijejali oleh pengunjung. Hal itu berarti bahwa daya beli masyarakat dan antusiasme terhadap produk fesyen lokal terbilang tinggi.

Prospek bisnis fashion yang sangat bagus membuat banyak orang tertarik untuk menjajal peruntungan di insustri ini. Hal itu terlihat dari makin banyaknya merek-merek pakaian lokal yang bermunculan. Pada awalnya, hanya beberapa merek clothing lokal yang terkenal seperti Ouval Research, Wadezig, Cosmic, Screamous, dan Unkl347. Kini, ada lebih banyak lagi clothing line yang berebut menarik perhatian konsumen. Sebut saja: This Time Brand, Sunday Sunday Co, Shining Bright, Thanksinsomnia, Crooz, 17Seven, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 17 Merek Distro Lokal Kreasi Anak Muda Indonesia yang Banyak Digemari
Tentu saja kehadiran model-brand fesyen lokal itu membuat industri pakaian di Indonesia tambah greget. Lalu, apa yang menyebabkan fashion model lokal amat digemari? Jika kita amati, merek clothing lokal menawarkan beragam produk fesyen yang diproduksi secara terbatas. Aneka jenis pakaian yang diproduksi secara terbatas itu menyebabkan produk fesyen tersebut memiliki nilai eksklusivitas.

Setiap koleksi pakaian terbaru yang telah habis terjual biasanya tidak diproduksi lagi. Hal itu membuat pembeli terdorong untuk membeli pakaian setiap ada koleksi pakaian terbaru yang diluncurkan. Selain itu, koleksi pakaian dan akesoris fashion yang dijual oleh clothing line tidak didapatkan di mall-mall pada umumnya, melainkan melalui toko-toko atau occasion-event distro. Dari segi desain dan kualitas, produk-produk trend lokal juga tidak kalah dengan produk luar.

Apa sajakah merek clothing distro lokal yang selama ini banyak dicari? Okey, kali ini Highlight.ID menampilkan daftar clothing line lokal yang namanya sudah sangat dikenal dan koleksinya mampu menarik orang untuk membelinya. Brand-brand lokal ini datang dari berbagai penjuru kota di Tanah Air yang hadir untuk memuaskan selera para penggemarnya.

Nama Brand/Merek Clothing Lokal Paling Terkenal dan Favorit
1. Shining Bright
IG/@shiningbrightcoJika kamu berpikir untuk membeli merek clothing lokal yang lagi ngetrend saat ini, maka Shining Bright pantas menjadi pilihan. Clothing line yang dirintis oleh artis terkenal Tarra Budiman ini banyak disukai oleh seluruh kalangan terutama anak muda. Semua yang anak muda butuhkan seperti kaos, sweater, topi, hoodie, topi, dan lainnya tersedia lengkap dengan berbagai variasi mannequin, ukuran, dan bahan.

Baca Juga: Keren! 5 Brand Streetwear Lokal ini Masuki Pasar Amerika Serikat
2. RSCH
IG/@ouvalresearchKelahiran clothing brand terkenal asal Bandung ini berawal dari sekawanan anak muda yang gemar bermain skateboard. Mereka adalah Rizki Yanuar, Firman Firdaus, dan Arif Maskom yang memiliki kegemaran dan idealisme yang sama dan akhirnya bersama-sama merintis usaha clothes line yang diberi nama Ouval Research. Clothing line ini telah diluncurkan sejak tahun 1997 dan dalam perkembangannya lebih dikenal nama dengan nama RSCH.

Nama RSCH itu sendiri sering ditampilkan pada produk-produk andalannya seperti kaos, jaket, aksesoris, tas ataupun kemeja. Sebagai salah satu pionir dalam kancah industri clothing distro lokal, Ouval Research memiliki karakteristik berupa desain kontemporer yang terinspirasi dari kehidupan anak muda dan ditransformasikan dalam perspektif yang baru.

three. Screamous
IG/@screamous_storeKota Bandung banyak melahirkan brand-model lokal yang banyak digemari, tak terkecuali Screamous. Brand pakaian asal Bandung ini sudah lama dikenal oleh masyarakat luas dengan produk-produknya berupa kaos, sweater, celana, tas, jaket, dan lainnya. Memilih koleksi pakaian dari Screamous tentu harus disesuaikan dengan selera dan budget yang ada di kantong kamu tentunya.

4. COSMIC
IG/@cosmicclothesMeski berbekal modal seadanya, namun itu tak menyurutkan semangat Yudhi Febriantono untuk merintis bisnis clothing. Bisnis distro dengan label Cosmic pun akhirnya bisa diterima khalayak luas dan meraih kesuksesan. Kini, Cosmic yang berada di bawah naungan Injoynesia Corp. menjadi clothing brand lokal yang banyak digemari dan produk-produknya sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Makassar, Bali, dan kota-kota lainnya.

Baca Juga: 7 Brand Streetwear Dunia yang Membuat Kamu Bergaya Ala Hypebeast
5. Bloods
IG/@bloodsclothofficialSatu lagi brand distro lokal yang menjadi favorit di kalangan anak muda yaitu Bloods yang berbasis di kota Bandung. Sebagai clothing model yang sudah dikenal, koleksi pakaian Bloods dengan desain maupun model terbaru banyak menarik minat pembeli. Selain di Bandung, Bloods juga membuka toko resminya di beberapa kota seperti Yogyakarta, Bekasi, Jakarta, Semarang, Solo, Tangerang, dan Garut.

6. WADEZIG!
IG/@wdzgWADEZIG! atau dikenal juga dengan nama WDZG! lahir di tengah-tengah komunitas seni rupa dan desain. Hal itu tercermin dalam setiap desain yang diterapkan pada setiap produk-produknya yang menonjolkan sentuhan artistik yang kuat. Dari sini kita bisa melihat bahwa WADEZIG! tidak hanya menawarkan barang semata namun mengutamakan idealisme dalam berkarya. Banyaknya model-brand luar yang diproduksi di Indonesia membuat WADEZIG! sangat yakin mampu bersaing dengan produk-produk luar.

7. Erigo
IG/@erigostoreKebiasaan traveling yang banyak dilakukan orang ternyata menjadi lahan bisnis menguntungkan bagi Muhammad Sadad. Berkat kejeliannya menangkap peluang bisnis ia berhasil mengembangkan usaha clothing-nya yang diberi nama Erigo. Merek clothes lokal ini sebelumnya bernama “Selected and Co.” dan berganti nama menjadi “Erigo” sejak tahun 2013. Untuk memasarkan produknya, Erigo aktif melakukan promosi di media sosial terutama Instagram dan kegiatan offline dengan membuka stand maupun mengikuti event-occasion.

Baca Juga: Dukung Brand Lokal, Telkomsel Kickfest Kembali Hadir
8. This Time Brand
IG/@thistimebrandProduk style yang mampu berbicara di level nasional adalah This Time Brand. Jika diperhatikan, desain-desain pakaian terbaru yang dikeluarkan oleh This Time Brand berciri khas urban yang umumnya disukai anak muda. Paduan antara grafis yang menarik dengan warna-warna yang mencolok membuat koleksi pakaian This Time Brand terlihat atraktif.

9. Thanksinsomnia
IG/@thanksinsomniaAnak muda yang penuh dinamika dan energi menjadi target utama dari brand lokal Thanksinsomnia atau biasa disebut juga THXNSMN. Hal itu tercermin pada produk-produknya yang banyak terinspirasi oleh youth tradition seperti anime, pop culture, musik, dan trendy fashion. Kehadiran Thanksinsomnia menjadi alternatif bagi kamu untuk mencari produk-produk lokal yang berkualitas dan sesuai selera masa kini.

10. Starcross
IG/@starcrossclothingStarrcross meramaikan industri style lokal yang menyediakan aneka macam produk pakaian untuk pria dan perempuan. Saat ini, Starcross telah memiliki puluhan distribution outlet (distro) yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Sedangkan toko resminya bisa kamu temui di kota Yogyakarta dan Bandung. Starcross mengeluarkan koleksi yang sebagian besar diperuntukkan bagi kawula muda dengan mannequin yang selalu replace dan melakukan inovasi agar tetap disukai penggemar.

11. Crooz
IG/@crooz.idKecintaan terhadap dunia fashion dan musik menjadi inspirasi lahirnya Crooz, model lokal yang didirikan oleh Max (Aditya) dan Ariana pada tahun 2003. Keduanya merintis clothing model yang awalnya dikerjakan sendiri dengan modal ratusan ribu rupiah. Ternyata bisnisnya berkembang dan Crooz pun menjadi salah brand distro Indonesia yang banyak digemari.

Baca Juga: 8 Fashion Brand Indonesia untuk Kamu yang Pengin Beli Pakaian Baru
Crooz itu sendiri diambil dari kata “cruising” yang berarti “terus berlayar” dengan logonya yang berbentuk api dan air. Beberapa band indie yang berkolaborasi dengan Crooz di antaranya yaitu Pee Wee Gaskins dan Killing Me Inside.

12. Dreambirds Artwear
IG/@dreambirdsartwearLogo berbentuk kepala burung hantu ini sudah demikian terkenal dan sering dijumpai entah di media sosial maupun dalam keseharian. Itulah lambang dari Dreambirds Artwear, merek clothes lokal yang didirikan oleh Abinara dan Sasa Rianzy sejak tahun 2009.

Keduanya memiliki kesamaan menyukai binatang berupa burung. Tak salah jika brand merek distro ini berupa lambang burung hantu. Clothing model ini memiliki ciri khas dengan unsur desain dan seni yang sangat kuat dan diterapkan pada produk-produknya.

thirteen. Sunday Sunday Co.
IG/@sundaysundaycoAnak band memang lekat dengan skena industri distro di Tanah Air. Tak mengherankan jika seorang pemain band beraliran pop punk Pee Wee Gaskins bernama Dochi Sadega terjun dalam dunia distro. Kali ini, es krim menjadi inspirasi dan mengilhaminya untuk mendirikan model clothing sendiri pada tahun 2010, yaitu Sunday Sunday Co. atau disingkat juga dengan Ssundayy atau SUY. Itulah kenapa banyak koleksi Sunday Sunday Co. yang menampilkan gambar es krim dan ilustrasi yang berkesan fun.

Baca Juga: 9 Aplikasi Online Shop Favorit Tempat Belanja Produk-produk Fashion
14. 17Seven
IG/@17sevenoriginalBagi penggemar produk pakaian lokal tentu tahu merk distro satu ini, 17Seven (17SVN). Aneka ragam produk baju dan akesoris diluncurkan ke pasaran untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Produk-produk 17Seven yang modern cocok dipakai untuk mereka yang berjiwa muda.

15. unkl347
IG/@unkl347Kesuksesan UNKL347di ranah clothes lokal Indonesia tak bisa dilepaskan dari peran Dendy Darman. Ia bersama ketiga orang temannya, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara, satu suara untuk mendirikan merek clothing yang dimulai tahun 1999.

Skena browsing, skateboard, musik, dan dunia desain amat mempengaruhi perjalanan merek lokal asal Bandung ini. Sempat berganti-ganti nama, UNKL347 merupakan pionir yang mewarnai industri distro Indonesia dan koleksinya sangat diminati oleh para penggemarnya

Baagaimana, sobat? Sudah tahu pilihan merek clothes yang kamu sukai? Merek-merek pakaian lokal di atas hanyalah sebagian dan masih banyak alternatif lainnya jika kamu mampir toko-toko distro yang ada di kota kamu.