26 Brand Lokal Untuk Milenial Dijamin Nggak Ketinggalan Zaman

✨26 Brand Lokal Untuk Milenial, Dijamin Nggak Ketinggalan Zaman
Indonesia memang selalu membanggakan dalam hal apapun. Seperti beragamnya suku dan budaya dan juga anak negeri yang banyak menghasilkan produk berkualitas. Seperti saat ini, ada macam-macam brand lokal dari para pemuda Sabang hingga Merauke.

Bahkan, bukan hanya pakaian, tapi juga sepatu, tas, aksesoris, dan masih banyak lagi. Untuk harganya, dijamin lebih terjangkau daripada barang branded keluaran luar negeri. Namun untuk kualitasnya, pasti sangat terjamin. Kalau kalian ingin tahu apa saja model lokal yang dimaksud, berikut adalah daftarnya.

Di Indonesia banyak sekali mengeluarkan beberapa brandyang dikeluarkan oleh para pemuda. Terutama pakaian yang kualitasnya tidak kalah dengan barangbrandedlainnya. Berikut adalah produk lokal pakaian yang tercatat sampai Bulan Maret 2020.

* Shop At Velvet, Brand Lokal Pakaian Wanita dengan Harga Terjangkau

Sumber: Instagram/shopatvelvetUntuk para wanita yang sedang berburu pakaian, bisa cek Shop At Velvet. Di sini menjual beragam mannequin baju kekinian dan warnanya sangat menarik perhatian. Kemudian, di toko satu ini tidak hanya menyediakan atasan, tapi juga bawahan dengan macam-macam bahan. Ada jeans, kain, dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri, Shop At Velvet memiliki rata-rata harga sebesar Rp100 ribuan.

* Shining Bright, Clothing Line Milik Artis Ternama

Sumber: Instagram/shiningbrightcoAda lagi merk pakaian dalam negeri yang juga kini sedang ngetrend. Namanya adalah Shining Bright yang merupakan milik dari Tarra Budiman. Kalangan milenial sangat menyukai model satu ini, karena selain modelnya yang kekinian, ada banyak sekali barang dijual di sini. Selain kaos, ada sweater, hoodie, topi, dan masih banyak lagi. Barang-barang tersebut mempunyai banyak variasi ukuran bisa kalian pilih sesuai selera. Mulai dari kecil hingga ukuran besar.

* Our Clothing, Brand Pakaian Wanita dari Bandung

Sumber: /Para wanita bisa bersenang hati, karena ada lagi merk trend yang sangat berkualitas. Adalah Our Clothing atau kerap disebut OCLO. Brand lokal yang berasal dari Bandung ini menyediakan style merchandise dengan harga terjangkau, mulai dari Rp80 ribuan. Terdapat beberapa atasan, terdiri dari shirt, jaket, kemeja, outer, dan sweater. Lalu untuk bawahan, ada denims, rok, dan kulot.

* Shopataleen, Merk Lokal Terbaik untuk Kaum Hawa

Sumber: Instagram/shopataleenSelain OCLO, ada juga Shopataleen yang sedang hits di instagram. Produk ini kerap dipakai oleh selebgram, vlogger, dan juga youtuber, lantaran modelnya sangat kekinian. Ada atasan dan bawahan yang tersedia di sini dengan harga Rp200 ribuan. Menariknya, Shopataleen menyediakan baju untuk perempuan berhijab dan juga tidak.

* RSCH, Clothing Brand asal Bandung

Sumber: Instagram/schofficialsPemuda asal Bandung kebanyakan memang sangat kreatif. Terbukti dengan banyaknya brand dari Tanah Pasundan ini yang akhirnya terkenal ke seluruh penjuru negeri. Salah satunya seperti RSCH yang sudah ada sejak tahun 1997. Merk yang awalnya bernama Ouval Research ini menyediakan banyak sekali barang yang dapat dipilih. Ada kaos, jaket, hoodie, tas, name tag, dan masih banyak lagi. Kerennya lagi, barang-barang di sini dihadirkan untuk para pria, wanita, dan juga anak-anak.

* Minimal, Menyediakan Outfit yang Simple

Sumber: /Kaum hawa yang ingin memiliki outfit simple dan semi formal, bisa cek ke Minimal. Toko satu ini sangat mudah ditemukan di mall-mall besar di Indonesia. Kalau kalian tidak ingin ribet, bisa mengecek koleksinya secara on-line di web site resminya atau akun instagramnya. Harganya memang agak mahal, tapi untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

* Miroir Store, Sediakan Atasan dan Terusan

Sumber: Instagram/miroirstoreBarang branded lainnya yang tersedia untuk wanita adalah Miroir Store. Di toko ini, tersedia beragam atasan dan juga terusan dengan warna netral yang menyenangkan. Busana yang hadir di Miroir Store ini tersedia dari harga Rp199 ribu sampai dengan Rp300 ribuan. Menariknya lagi, beberapa outfit yang tersedia dibrandlokal satu ini bisa dipakai untuk yang berhijab atau tidak.

* Screamous, Menghadirkan Banyak Kaos Kece

Sumber: Instagram/screamous_storeUntuk kalian yang ingin mencari kaos dengan macam-macam warna dan motif, ada Screamous yang bisa jadi rekomendasi. Brand lokal asal Bandung ini juga menyediakan kemeja pria, sweater, topi, dan juga sabuk. Apabila kalian ingin membeli salah satu barang yang ada di sana, bisa langsung cek instagramnya di @screamous_store.

* Adorable Projects, Brand yang Sudah Ada Sejak Tahun Sumber: /Kemudian, ada Adorable Projects yang sudah rilis sejak tahun 2008. Sebenarnya, brand lokal satu ini hanya menyediakan sepatu dan juga aksesoris. Tapi, seiring berjalannya waktu, Adorable Projects kini juga mengeluarkan pakaian dan tas. Untuk kalian yang tertarik dengan merk satu ini bisa cek ke adorableprojects.com.

* Bad Influence by Awkarin, Barangnya yang Limited Edition Sumber: instagram/badinfluencebyawkarin

Ada juga model lokal milik selebgram yang kini sedang naik daun, Awkarin. Namanya adalah Bad Influence by Awkarin yang menyediakan hoodie dengan beragam konsep. Selain itu, ada celana, tas, korek api, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki keunikan masing-masing dengan bahan yang sangat berkualitas.

Apabila kalian ingin membeli salah satunya, harus sedikit mengeluarkan effort, karena semua barangnya limited version dan cepat sekali habis. Bahkan, untuk beberapa barang, ada yang hanya satu kali diproduksi dan tidak mengeluarkan lagi ke depannya.

Brand Tas
Dowa Bag, Spesialis Tas Rajut
Sumber: Instagram/dowaofficialUntuk tas, ada model lokal dengan tampilan menarik. Yaitu Dowa Bag yang mengeluarkan produk tas rajut. Toko yang berasal dari Yogyakarta ini sebenarnya berawal dari usaha rumahan. Namun, karena kualitasnya yang sangat baik, Dowa Bag akhirnya menjadi merk tas ternama. Bahkan, tas yang dihasilkan dapat menarik perhatian masyarakat yang ada di Eropa dan Amerika. Untuk harganya cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

PIX & STACY, Koleksi Tas yang Menggemaskan
Sumber: Instagram/pixandstacyBagi kaum hawa yang ingin mempunyai tas dengan mannequin menggemaskan, ada model bernama PIX & STACY. Semua tas yang ada memiliki kombinasi warna yang sanggup membuat para wanita tidak tahan untuk membelinya. Di sini juga terdapat aksesoris yang mannequin dan warnanya tidak kalah cute.

Tulisan, Tas dengan Motif yang Artsy
Sumber: instagram/mytulisanAda lagi merk tas yang juga cukup menarik perhatian. Namanya adalah Tulisan yang dikenal mempunyai motif yang sangat artsy. Hebatnya lagi, tas dari Tulisan terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Oleh karenanya, jangan heran apabila produk dari Tulisan memiliki harga yang mahal, sekitar Rp1 juta hingga Rp2 jutaan.

Niion, Tas dengan Corak Warna Warni
Sumber: Instagram/niion_idBrand tas dalam negeri lainnya yang bisa menjadi rekomendasi adalah Niion. Tas yang ada di sini mempunyai desain yang sederhana, namun dilengkapi dengan corak warna warni. Maka dari itu, tas ini cocok dipakai untuk sekadar hangout atau traveling. Satu lagi, Niion menyediakan tas untuk wanita dan pria.

Purotti, Gudangnya Tas Formal
Sumber: Instagram/purottiIngin tas untuk acara formal? Purotti adalah pilihan yang sangat tepat. Di Purotti, semua tas terbuat dari kulit dengan desain yang sangat chic. Sehingga jangan heran kalau tas yang ada di sini semuanya terlihat elegan. Selain tas, Purotti juga mengeluarkan produk berupa dompet. clutch, dan juga shoulder bag strap yang kualitasnya tak kalah dengan brand asal luar negeri.

Wellborn Company, Segala Model Tas Ada di Sini
Sumber: Instagram/wellborncompanyApabila kalian ingin mencari tas dengan berbagai model, Wellborn Company adalah jawabannya. Di sini menyediakan tas dengan model sling bag, backpack, dan juga tas pinggang. Untuk warnanya, semuanya netral, sehingga cocok dipakai dengan outfit warna apapun.

Brand Jam Tangan
Eiger, Brand Lokal yang Sering Dianggap dari Luar Negeri
Sumber: Instagram/eigeradventureSiapa yang mengira kalau Eiger adalah model dari luar negeri? Meskipun namanya kebarat-baratan, tapi merk satu ini asli Indonesia, lho. Memang Eiger terkenal mengeluarkan produk berupa tas ataupun dompet. Namun, merk ini ternyata juga memproduksi jam tangan dengan banyak fitur di dalamnya. Seperti anti air, tahan dengan tekanan air, dan juga terdapat stopwatch. Jadi, jam ini sangat cocok untuk kalian yang suka berpetualang.

Matoa, Jam Tangan dari Kayu
Sumber: Instagram/matoa_idKalau kalian ingin jam tangan yang antimainstream, Matoa bisa jadi pilihan. Merk asal Bandung satu ini mengeluarkan jam tangan dengan desain minimalis berbahan kayu utuh. Ada berbagai mannequin yang dapat dipilih, sehingga bisa disesuaikan dengan selera dan juga ukuran tangan. Untuk harganya sendiri, model yang namanya berasal dari pohon di Papua ini membanderol produknya mulai dari Rp950.000.

Watchlah.id, Jam Tangan Berkualitas dengan Harga Pas
Sumber: Instagram/watchlah.idJam tangan bagus dan berkualitas tidak harus mahal. Contohnya seperti Watchlah.id yang hampir semua jam tangannya dijual dengan harga sekitar Rp225.000. Pada merk ini, ada tiga desain jam tangan yang tersedia.

Antara lain mini squarerond (persegi bulat dengan ukuran kecil), squarerond (persegi bulat ukuran besar), dan round neck (lingkaran). Nah, baru-baru ini, model lokal tersebut mengeluarkan produk bernama DOT, di mana pada angka three terdapat sebuah titik berwarna hitam.

NAM, Jam Tangan dengan Desain Elegan
Sumber: Instagram/namwatchesUntuk model yang elegan, NAM sangat direkomendasikan. Model dari jam tangan ini merupakan kombinasi antara jam tangan klasik ala Swiss dan kearifan lokal. Walaupun jam tangan ini jarang terdengar, namun ternyata popularitasnya sudah sangat mendunia. Bahkan, jam ini sudah dipasarkan ke beberapa benua, karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Carousel, Jam Tangan dengan Warna Cerah
Sumber: Instagram/carousel.storeKalian yang memiliki pribadi ceria, cocok banget menggunakan jam tangan dari Carousel. Ada banyak warna yang bisa kalian pilih, seperti putih, pink, biru muda, dan masih banyak lagi. Untuk mannequin jamnya, Carousel hanya menyediakan dua desain, yaitu digital dan analog. Lalu harganya, jam Carousel dibanderol sekitar Rp265.000.

Brand Sepatu
Compass, Sepatu yang Digandrungi Kaum Milenial
Sumber: Instagram/sepatucompassBrand lokal sepatu yang seakan tidak pernah hilang ditelan zaman adalah Compass. Merk ini sangat digemari anak muda, karena modelnya tidak membosankan, harga terjangkau, dan kualitasnya dapat diacungi jempol. Brand yang sudah ada sejak tahun 1998 tersebut terus mengalami perkembangan, sehingga tak perlu ditanyakan lagi kalau sepatu ini bisa meraup kesuksesan hingga sekarang.

NAH Project, Brand Favorit Presiden Jokowi
Sumber: Instagram/nah.projectAda lagi merk sepatu lokal yang tak kalah keren bernama NAH Project. Merk satu ini mengeluarkan sepatu berjenis sneakers yang cocok dipakai di berbagai acara. Bahkan, saking bagusnya, Presiden Jokowi juga turut menggunakannya yang bertipe Yoga Flex Knit V2. Kemudian untuk harganya, NAH Project membanderol sepatunya antara Rp270.000 sampai Rp415.000. Untuk yang dipakai oleh Jokowi memiliki harga Rp415.000.

Buccheri, Sepatu Kulit dengan Kualitas Terjamin
Sumber: Instagram/buccheri_idBanyak yang mengira kalau Buccheri adalah sepatu dari luar negeri. Padahal, merk sepatu ini asli buatan Indonesia yang ada sejak tahun 1980. Buccheri mengeluarkan sepatu yang berbahan dasar kulit dan juga suede yang diperuntukkan bagi kalangan pria serta wanita. Tak hanya untuk dewasa, tapi juga anak-anak.

Brodo, Sepatu Lokal Terbaik Indonesia
Sumber: Instagram/bro.doPara pecinta sepatu pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Brodo. Sepatu ini ternyata pernah meraih prestasi, lantaran dulu sempat terpilih sebagai Official Footwear Merchandise Asian Games di tahun 2018. Ini karena desainnya yang sangat menarik dan nyaman ketika digunakan. Lalu, harga dari Sepatu Brodo ini cukup bervariasi, antara Rp150.000 sampai Rp600.000. Sementara untuk Brodo yang berkolaborasi dengan Gundala dibanderol dengan harga Rp699.000.

Saint Barkley, Sering Berkolaborasi dengan Publik Figur
Sumber: Instagram/saintbarkleySaint Barkley yang namanya kebarat-baratan ternyata brand yang asli dari Indonesia. Merk asal Bandung tersebut sering berkolaborasi dengan publik figur dan brand ternama. Contohnya seperti Neck Deep, Shaggy Dog, NTRL, dan Mobil Datsun. Kalau kalian ingin tertarik dengan sepatu ini, harganya cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp350.000 sampai Rp500.000. Saking bagusnya sepatu ini, Jokowi juga membeli salah satu tipenya pada acara Jakarta Sneakers Day pada tahun 2018 lalu.

Ternyata, ada banyak sekali model lokal yang dimiliki oleh negara kita ini. Mulai dari pakaian sampai dengan sepatu. Kualitasnya pun tidak kalah dengan merk yang berasal dari luar negeri. Jadi, sudah tak ada alasan untuk tidak mencintai dan menggunakan produk asli Indonesia. Kira-kira, kalian ingin membeli yang mana nih?