4 Perbedaan Pakaian Kantor Formal Casual Dan Bebas

4 Perbedaan Pakaian Kantor Formal Casual Dan Bebas
Adat dan budaya hadir untuk memberikan tata aturan dalam kehidupan bersosial. Mulai dari hal-hal kecil seperti cara berbusana pun turut menjadi objek. Hampir setiap negara memiliki kode busana atau costume code masing-masing. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan acara yang dihadiri dan agar tetap nyaman.

Perbedaan Pakaian Kantor, Formal, Casual, dan Bebas
Ada beberapa kategori dress code yang dikenal masyarakat diantaranya formal, casual, dan bebas. Jika Anda belum tahu banyak tentang ketiganya, simak perbedaan pakaian kantor, formal, informal, dan bebas berikut ini agar Anda tidak mengalami salah kostum:

1. Dress Code Formal

Pertama, ada gaya berbusana formal yang biasanya dipakai jika Anda datang ke acara penting, spesial, atau acara besar. Contohnya, pertemuan presiden, pertemuan kolega bisnis, atau pesta besar.

Untuk pria, busana yang cocok untuk dikenakan agar terlihat formal adalah setelan tuksedo dengan dasi kupu-kupu. Di Indonesia, kemeja batik umumnya juga bisa digunakan untuk acara formal. Selain melestarikan budaya, memakai batik terlihat lebih simpel tetapi tetap rapih.

Untuk perempuan, gaya formal yang ciamik terlihat dari pemilihan kebaya atau batik dengan desain modern sehingga tidak terkesan kuno. Busana tersebut tampak cantik dengan tambahan aksesoris dan sepatu hak tinggi.

Dalam konteks pesta formal, perempuan juga bisa combine and match rok atau celana panjang dengan blus. Gaun panjang atau pendek dengan desain minimalis juga sangat cocok untuk menghadiri pesta formal.

2. Dress Code Casual

Style informal cukup digemari banyak orang terutama kaum millennials. Gaya ini lebih fleksibel dan memiliki kesan santai. Casual juga biasanya dikategorikan sebagai non-dress code karena Anda dapat mengenakan pakaian bebas tetapi tetap sopan.

Gaya informal untuk perempuan yang paling sederhana adalah pemakaian celana denims yang dipadukan dengan berbagai model atasan seperti kaos, blouse, hoodie, dan sebagainya. Pada bagian kaki, Anda bisa bergaya dengan sneaker, flat sneakers, sepatu bot, atau bahkan sepatu berhak.

Tidak jauh beda dengan perempuan, laki-laki juga bisa mengenakan jeans dengan atasan kaos, hoodie, atau kemeja flannel untuk bergaya casual. Alas kaki favorit sejuta umat untuk kaum pria informal ialah sneakers.

Baca juga : 5 Cara Membeli Jam Tangan Rolex Original

Gaya informal juga bisa Anda terapkan ketika bekerja atau kuliah. Kode busana ini disebut juga business informal. Pakai celana berwarna netral dengan paduan kaos berkererah untuk bergaya informal tetapi tetap formal. Untuk perempuan bisa dilengkapi dengan aksesoris anting, gelang, kalung, atau jam tangan agar terlihat lebih menawan.

Lain business casual, lain juga sensible informal. Gaya informal yang satu ini lebih formal dari sebelumnya tetapi tetap tidak kaku. Biasanya, dikenakan ketika bekerja di start up atau perusahaan yang tidak menuntut karyawannya untuk berbusana casual.

Banyak sekali pilihan mode busana yang dapat Anda gunakan untuk bergaya sensible casual. Misalnya, perempuan bisa tampil kece dengan setelan rok, jeans, atau celana bahan yang disatukan dengan atasan berblazer.

Sedangkan laki-laki bisa datang ke kantor mengenakan kemeja, jas sporty, dasi, dan rompi dengan bawahan celana bahan atau denim. Untuk sepatunya, baik laki-laki atau perempuan terlihat casual dengan sepatu pantofel.

3. Dress Code Informal

Terakhir, ada kode busana casual yang biasa dikenakan oleh karyawan di perusahaan besar. Bisa juga digunakan ketika menghadiri acara yang bersifat serius. Kesan yang ditampilkan gaya casual cenderung kaku tetapi lebih elegan daripada sensible casual.

Yang paling khas dari gaya casual adalah penggunaan dasi panjang dengan kemeja polos lengkap dengan jas dan celana bagi laki-laki. Sepatu Janis pantofel juga tentunya menjadi hal yang wajib untuk dikenakan. Sedangkan perempuan, setelan kemeja, blazer, dan rok span selalu identik dengan gaya casual. Selain itu, tatanan rambut baik laki-laki atau perempuan harus Nampak rapi.

4. Dress Code Semi-Informal

Gaya semi-casual adalah pertalian antara gaya untuk bisnis dan pesta. Kesan rapih dan glamor sangat menonjol disini. Gaya semi-formal biasanya dikenakan untuk menghadiri gathering kantor atau bisa juga untuk pesta tertentu.

Secara sepsifik, gaya semi-casual tidak banyak berbeda dengan gaya casual. Namun, untuk perempuan, penggunaan gaun hitam cukup populer untuk bergaya elegan dan informal.

Itulah perbedaan pakaian kantor, formal, kasual, dan bebas. kenakan pakaian sesuai dengan tempat dan acara yang Anda hadiri.