5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Daya tahan tubuh atau yang sering disebut dengan sistem imunitas merupakan sebuah sistem kerja yang dimiliki tubuh guna melawan berbagai macam penyakit yang menyerang. Sistem inilah yang memberikan perlindungan kepada tubuh dari berbagai kuman ataupun virus yang berpotensi membawa penyakit. Sejumlah cara meningkatkan imunitas dapat dilakukan melalui makanan ataupun beragam aktivitas sehari-hari.

Secara umum sistem imunitas yang terdapat pada tubuh seseorang jika dalam keadaan normal maka dapat bekerja dengan cukup efektif dalam menangkal musuh seperti penyakit. Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya, dimana jika sistem imun dari seseorang tengah melemah, maka orang tersebut akan mudah terserang oleh penyakit. Berikut daftar cara membuat sistem imun menjadi lebih meningkat:

1. Mengkonsumsi Makanan Banyak Mengandung Vitamin dan Mineral 

Jika dilihat dari keseluruhan, sistem imun yang dimiliki oleh tubuh tergantung dengan tingkat kadar vitamin dan juga mineral yang dikonsumsi. Terutama terkait asupan Vitamin A yang memiliki fungsi untuk mendongkrak sistem pertahanan dari tubuh dengan cara lebih cepat.

Kemudian butuh juga akan vitamin B kompleks serta Vitamin C yang cukup berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Selanjutnya ada vitamin E yang diikuti oleh mineral. Dimana asupan mineral ini juga berhubungan dengan zat antioksidan yang berpengaruh dalam peningkatan sistem imun.

2. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga dalam durasi waktu lebih kurang 30 menit dengan rutin setiap harinya. Maka bisa membuat kadar leukosit pada sel darah tanpa warna dalam tubuh menjadi lebih meningkat.

Adapun fungsinya yaitu untuk membunuh bakteri yang berani masuk ke dalam tubuh. Kemudian membuat sistem kekebalan tubuh lebih meningkat, lalu membuat respon terhadap antibodi serta T Cell juga mengalami peningkatan. Bentuk olahraga yang dapat dilakukan adalah seperti berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

3. Tidur Dalam Kadar Yang Cukup 

Terlalu banyak beraktivitas hingga menyebabkan rasa letih atau kurangnya kadar tidur yang dilakukan. Ternyata dapat memicu timbulnya penurunan sistem imun dalam tubuh. Kebanyakan orang yang kurang intensitas tidurnya akan lebih rentan terserang penyakit seperti influenza maupun infeksi lainnya. Maka dari itu dianjurkan kepada setiap orang agar memenuhi kebutuhan tidur tersebut.

4. Memperbanyak Konsumsi Sayur Dan Buah 

Pilihan lain sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan lebih banyak makan buah serta sayur mayur. Hal ini dikarenakan sayur dan juga buah mempunyai kandungan mineral serta vitamin dalam kadar yang lumayan banyak.

Untuk itu mampu membantu sistem imun beserta sejumlah organ dalam tubuh untuk berfungsi dengan lebih baik. Perlu diketahui juga bahwa sayur ataupun buah yang memiliki warna cerah merupakan pertanda bahwa buah maupun sayuran tersebut kaya akan zat antioksidan. Fungsinya untuk menangkal radikal bebas yang berpeluang membuat imun tubuh menjadi rusak.

5. Menghindari Rokok Dan Alkohol 

Disadari atau tidak nyatanya kegiatan merokok ataupun mengkonsumsi alkohol bisa mengganggu kinerja sistem imunitas tubuh. Tidak sampai di situ saja, seorang perokok aktif juga mempunyai resiko yang cukup tinggi untuk terkena infeksi pada bagian paru. Misalnya saja seperti bronkitis serta pneumonia. Ditambah lagi dengan konsumsi alkohol bisa membuka peluang akan resiko infeksi tersebut semakin besar.

Demikian pembahasan terkait 5 cara meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat dan terlihat segar. Di masa pandemi seperti saat ini, sejumlah cara di atas dapat dijadikan referensi untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Agar tidak mudah terkena beragam bakteri maupun virus yang memiliki potensi untuk memicu hadirnya penyakit.