5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Ibu Rumah Tangga

Selain mengatur urusan anak, dan kebersihan rumah, tugas pokok seorang ibu rumah tangga adalah mengatur keuangan. Maka dari itu, setiap ibu rumah tangga wajib bisa mengatur keuangan, supaya selalu bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, baik pada awal bulan maupun pada akhir bulan.

Berikut 5 tips cara mengatur keuangan bagi Ibu rumah tangga, semoga dapat menjadi acuan bagi anda yang akan membangun rumah tangga, bahkan yang sudah berumah tangga tetapi belum berhasil dalam mengatur keuangan. Berikut tips-tipsnya.

1.  Memanfaatkan Diskon dan Promo dengan Baik

Saat berbelanja baik di mall atau toko swalayan, pasti ada berbagai promo yang menarik. Hal tersebut harus kita manfaatkan dengan baik. Sebagai Ibu rumah tangga, tentunya kita sangat tertarik dengan berbagai promo tersebut. Namun kita juga harus pandai memilih dan memilah mana yang benar-benar kita butuhkan dan mana yang tidak begitu kita butuhkan.

Meskipun dengan adanya promo yang membuat kita lebih hemat dalam berbelanja, namun promo juga dapat menjadi petaka kepada kita. Karena keasikan belanja promo, kita lupa dengan budget yang sudah kita tetapkan diawal yang mejadikan pengeluaran lebih besar dari budget yang ditentukan.

2. Membedakan Kartu Kredit Tabungan dengan Kartu Kredit Kebutuhan

Hal tersebut sangat penting kita lakukan supaya uang tabungan kita tidak ikut kita gunakan untuk kebutuhan belanja.

3. Menempatkan Uang Pada Kebutuhannya

Yang dimaksud dalam hal ini adalah pada awal bulan, kita harus memilah-milah uang sesuai dengan kebutuhan kita, berapa persen untuk kebutuhan pokok dan berapa persen untuk kebutuhan lainnya dan jangan lupa menyisihkan untuk ditabung.

4.  Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran sangat penting dilakukan oleh Ibu rumah tangga. Dengan begitu kita akan tahu apa saja yang sudah kita beli, dengan begitu kita tidak akan menerka-nerka kemana perginya uang kita selama sebulan ini. selain itu, catatan pengeluaran ini bisa kita kasihkan ke suami kita, supaya di ajuga tahu apa yang sudah kita belanjakan selama sebulan ini dengan uang yang telah mereka kasih.

5.  Cermat dalam Berbelanja

Yang dimaksud adalah kita harus dapat memilih dan memilah mana kebutuhan yang harus benar-bena terpenuhi dna mana yang bisa dipending terlebih dahulu. Dengan begitu kita akan lebih hemat dlam berbelanja dan ebih cermat dalam mengatur keuangan keluarga.