7 MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI BUAH MELON UNTUK KESEHATAN KELUARGA

 

Buah Melon yang dimaksud dalam artikel ini adalah Melon yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Honeydew Melon. Honeydew Melon atau Melon saja adalah buah yang termasuk kelompok suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Nama ilmiah dari buah Melon ini adalah Cucumis melo L.

Honeydew Melon atau Buah Melon memiliki daging yang tebal dengan rasa manis dan bau harum. Di Indonesia, kita sering menemukan buah melon yang berdaging warna oren dan hijau muda. Buah yang berbentuk bulat ini biasanya dimakan segar ataupun diolah menjadi jus melon.

Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan

Buah Honeydew Melon memiliki berbagai manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Melon bagi kesehatan kita.

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Melon merupakan buah yang cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Pasalnya buah ini bebas lemak dan kolesterol. Kandungan air yang tinggi dan rasa yang manis membuat orang yang memakan buah ini akan merasakan kenyang. Maka tak heran, kalau manfaat melon ini cocok banget dimakan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

2. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Serat makanan, terutama serat larut seperti pektin, yang terkandung pada melon sangat tinggi. Serat ini dapat membantu menghilangkan sembelit, membuat buang air besar menjadi lancar dan mampu mengatasi masalah gastrointestinal (pencernaan) lainnya.

Serat terlarut yang terkandung dalam buah melon akan membuat kita merasa kenyang, sehingga kita tak perlu makan berlebihan. Oleh sebab itu, buah ini sangat cocok untuk Anda yang sedang berdiet atau ingin mengontrol berat badan.

3. Meredakan Nyeri Perut Saat PMS

Potasium yang terkandung di dalam buah melon ini bisa menvegah kram, mual, dan sakit atau nyeri selama PMS. Selain itu, manfaat melon lainnya untuk melancarkan aliran darah selama menstruasi.

4. Mencegah Rambut Rontok

Inositol adalah bentuk vitamin B yang dibutuhkan untuk mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah sitrus kecuali lemon.

Melon mengandung inositol yang cukup banyak. Konsumsi rutin buah ini bisa merangsang pertumbuhan rambut.

5. Bermanfaat Untuk Paru-paru

Belum banyak yang tahu bahwa melon adalah salah satu buah terbaik untuk paru-paru. Nyatanya, konsumsi melon dapat membantu meremajakan paru-paru, sehingga sangat bermanfaat bagi perokok yang paru-parunya telah rusak parah akibat merokok.

6. Mencegah Kanker

Penelitian menyebutkan jika manfaat melon mengandung berbagai nutrisi dan senyawa organik yang sangat baik untuk mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker mulut. Nutrisi dan senyawa pada buah melon dikatakan bisa menangkan radikal bebas penyebab kanker dengan sangat baik.

7. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Melon dapat membantu kesehatan jantung dengan dua cara. Pertama, dengan tingkat serat makanannya yang tinggi. Asupan serat yang cukup dapat membantu mengurangi kolesterol “jahat” di tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh terhadap aterosklerosis.

Kedua, melon mengandung kalium tinggi yang bertindak sebagai vasodilator. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda, sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung coroner, stroke, atau serangan jantung.

Itulah 7 manfaat Buah Melon yang telah TaniHub rangkum dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh keluarga anda.

Dan Untuk kalian yang ingin berbelanja bahan pokok dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, anda bisa segera berkunjung di platform TaniHub Anda bisa melakukan pembelian di platform ini secara online tanpa harus keluar rumah.

TaniHub menyediakan beragam produk yang bisa anda pilih sesuai selera. Anda tinggal memilih beragam keperluan anda melalui platform ini. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!