Aneh Tapi Nyata, 5 Kegunaan Saus Tomat Yang Belum Banyak Diketahui

 

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau makanan yang akan jauh terasa lebih nikmat jika ditambah dengan saus tomat. Misalnya saja, kentang goreng pastu akan terasa hambar apabila tidak ada saus. Tapi tahukan Anda jika saus tomat ternyata tidak hanya digunakan sebagai pelengkap makanan saja loh. Akan tetapi saus ini juga bisa digunakan untuk beberapa hal lainnya seperti berikut ini, yaitu :

1. Membuat tembaga lebih kinclong

Tembaga dan logam adalah salah satu bahan yang sering digunakan pada beerapa peralatan dapur. Karena sering digunakan untuk memasak, pastinya kondisi alat tersebut tidak bisa kinclong kembali. Jika Anda ingin membuat alat dapur menjadi kinclong seperti baru, Anda bisa menggunakan saus tomat ini. Meskipun terdengar aneh, nyatanya bahan satu ini bisa membuat peralatan dapur menjadi kinclong. Selain itu, bahan ini lebih aman dari pada menggunakan pembersih logam.

Caranya sangat mudah sekali. Oleskan saja saus pada beberapa peralatan dapur yang terbuat dari tembaga atau logam. Diamkan sebentar hingga noda-nodanya menghilang dengan sendirinya. Anda juga dapat menambahkan garam untuk alat dapur yang nodanya membandel atau sulit untuk dibersihkan. Setelah itu, bilas dengan air bersih.  Liat saja hasilnya, semua peralatan dapur menjadi kinclong dan nampak seperti baru.

2. Membersihkan berbagai onderdil mobil

Sebuah riset yang tertulis dalam The Cymbal Book, ada beberapa orang yang sudah membuktikan jika semua onderdil mobil mereka bisa lebih berkilau ketika dibersihkan menggunakan saus. Ini membuktikan jika saus sambal memang dapat membersihkan noda dan membersihkan kotoran lainnya dengan ditambahkan air. Bagi para pencinta otomotif, wajib nih buat mencobanya. Buktikan sendiri mobil Anda akan nampak lebih bersih dan keren perfoma luarnya dengan perawatan menggunakan saos.

3. Redakan rasa perih pada luka

Dalam kehidupan sehari-hari sangat perlu banget buat menyimpan beberapa sachet  saus dalam freezer. Saus beku dapat digunakan untuk meredakan rasa perih pada luka dan juga memar yang Anda sering alami. Bagaimanakah caranya? Caranya hanya dengan mengompreskan luka atau memar dengan saus beku sachet. Tunggu beberapa menit saja, rasa perih akan hilang secara berlahan-lahan.

4. Memperbaiki rambut yang rusak dikarenakan kaporit

Orang yang suka berenang di dalam kolam renang pasti memiliki resiko besar mengalami perubahan warna pada rambut. Rambut akan berwarna menjadi hijau dan rusak karena terkena zat kaporit di dalam air. Untuk dapat memperbaiki warna rambut yang sudah rusak, Anda bisa mencoba menggunakan saus.

Caranya adalah dengan mengoleskan saus tersebut ke rambut secara merata dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih. Selain bisa mengatasi kerusakan rambut, saus ini juga bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau.

5. Membuat darah palsu untuk beberapa keperluan

Pernahkan Anda melihat film horor? Film horor sangat identik dengan darah. Darah yang digunakan pada beberapa film horor tersebut tentu saja bukan darah beneran. Para pembuat film membuat darah tiruan dengan menggunakan saus tomat.

Seperti yang kita ketahui jika saus memiliki warna merah dan sangat mirip sekali dengan warna darah. Maka tidak heran, banyak dimanfaatkan untuk membuat darah tiruan pada beberapa film. Selain itu, darah tiruan dari saus ini juga digunakan sebagai pelengkap properti untuk pesta hallowen yang merupakan acara yang sering diselengarakan pada beberapa negara asing.