Berikut Beberapa Kandungan Nutrisi Penting yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Susu untuk Si Kecil

Susu adalah salah satu asupan yang penting bagi tumbuh kembang anak. Saat ini, sudah banyak sekali produsen susu formula untuk anak-anak, maka pastikan susu yang Anda pilih adalah susu anak terbaik. Banyaknya pilihan yang tersedia terkadang membuat orang tua kesulitan dalam memilih susu yang paling tepat untuk sang buah hati. Ketika memilih susu, Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang dapat Anda perhatikan ketika memilih susu formula.

1. Kalsium

Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kalsium sangat berperan penting untuk membuat tulang dan gigi menjadi kuat dan sehat. Apabila pertumbuhan dan kesehatan tulang baik, maka tinggi badan anak dapat bertambah dengan optimal. Selain itu, kalsium juga membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot tubuh anak. Berikut kebutuhan kalsium menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG):

  • Usia 1-3 tahun: 650 mg
  • Usia 4-6 tahun: 1000 mg

2. Protein

Protein merupakan nutrisi yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Protein memegang peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Protein berperan dalam pembentukan sel dan jaringan tubuh hingga membentuk enzim dan hormon dalam tubuh. Selain itu, protein juga memiliki peran yang vital dalam pembentukan sistem imun atau antibodi agar tubuh tidak mudah terserang virus atau bakteri. Berikut kebutuhan protein menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG):

  • Usia 1-3 tahun: 20 gr
  • Usia 4-6 tahun: 25 gr

3. Lemak

Selain protein, lemak juga turut menyumbang suplai energi untuk tubuh. Tak hanya itu, lemak juga membantu meningkatkan daya pikir si kecil. Berikut kebutuhan lemak menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG):

  • Usia 1-3 tahun: 45 gr
  • Usia 4-6 tahun: 50 gr

4. Kalori

Asupan kalori pada anak sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Kalori juga berperan dalam menghasilkan energi dalam tubuh. Selain itu, kalori juga penting untuk menaikkan berat badan pada anak. Berikut kebutuhan kalori menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG):

  • Usia 1-3 tahun: 1350 kkal
  • Usia 4-6 tahun: 1400 kkal

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang perlu Anda perhatikan ketika memilih susu untuk buah hati dan tentunya masih banyak nutrisi pendukung yang lain. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter tentang pertumbuhan anak Anda.