Cara Ganti Ban Mobil Innova dengan Cepat

Cara Ganti Ban Mobil Innova dengan Cepat

Mengganti ban mobil menjadi hal yang wajib anda kuasai saat sudah memiliki mobil atau menjadi driver sewaan misalkan karena kondisi ban bocor ditengah perjalanan memungkinkan anda harus melakukan dan mengambil tindakan penggantian ban serp dengan cepat.

Jangan pernah berharap ada bengkel yang bisa anda temukan dengan mudah. Karena kebocoran ban mobil tentu saja akan jauh berbeda dengan ban motor yang bisa anda tuntun misalkan. Kalau mobil tidak bisa minimal ada orang lewat yang suka rela memberikan anda tumpangan derek.

Nah kalau ban mobil bocor bukan gembes maka sudah pasti solusinya harus ganti ditempat. Maka dari itu sebelum anda bepergian jauh maka pastikan kondisi ban serp mobil anda dalam kondisi baik tidak aus apalagi gembes juga.

Kali ini kita akan coba berikan tutorial cara mengganti ban mobil Innova dimana cara ini sama saja dengan type mobil lainya tidak ada bedanya.

Rasakan dan Menepi

Yang paling tau kondisi ban apakah masih normal atau dalam kondisi bocor adalah pengemudi sendiri. Dimana jika laju mobil sudah tidak imbang dengan kondisi jalan yang lapang maka bisa dipastikan ada masalah dengan ban mobil anda.

Maka cepatlah menepi di pinggir jalan jangan sesekali anda paksa melanjutkan perjalanan apalgi memacu kendaraan lebih cepat maka akan berakibat fatal pada penumpang ataupun merusak mobil anda terutama velek mobil dan ban mobil juga tentu saja.

Setelah itu jangan lupa matikan mesin mobil innova-nya dan turun dari mobil kemudian priksa ban bagian mana yang bocor apakah depan atau belakang.

Pasang Segitiga Pengamanan atau yang Lain

Jika anda tidak membawa segitiga pengaman maka bisa di akali dengan memasang mungkin dedaunan basah di area yang berjarak kurang lebih 3 meter dari mobil anda. Ini akan memberikan sinyal kepada pengemudi dibelakang jika memang mobil anda dalam masa perbaikan.

Atau kalau tidak anda bisa nyalakan lampu darurat juga tidak masalah. Tapi kalau malah hari dengan kondisi jalan yang gelap menyalakan lampu darurat ini bisa membahayakan pengemudi lain maka salah satu caranya adalah yang pertama tadi memberikan tanda atau kalau ada segitiga pengaman.

Ambil Dongkrak dan Kunci Pas

Semua mobil pasti memiliki dongkrak di bagasi, kalau pada toyota innova keluaran baru dan lawas biasanya letak dongkraknya dibagian bagasi belakang menempel di sisi kiri bagian bawah.

Disana ada kok ruang khusus kecil untuk menyimpan dongkrak dan kunci dimana bisa anda ambil sesegera mungkin.

Di mobil lain bisa saja lokasi sama atau berbeda, tapi letak dongkrak ini sangat mudah tentunya dicari.

Ok sekarang kita siap siap melakukan penggantian ban ya.

Ambil ban serep

Sekarang anda ambil ban serep mobil anda biasa letaknya pada bagian belakang juga. Dimana mode penguatnya juga sederhana sekali bisa anda cari kecantel pada bagian bagasi.

Atau kalau anda kesusahan bisa juga menggunakan kunci pas. Setelah itu anda sekarang sudah bisa mengambil ban serep tadi kemudian dongkrak mobil anda dan kendorkan semua baut pelek secara perlahan sampai ban mobil bisa anda keluarkan dengan aman.

Kemudian setelah itu pasang ban serpnya dan kencangkan menggunakan kunci ban atay velg sampai benar benar kencang. Maka sekarang anda sudah bisa melaju lagi. Sangat mudah dan simple bukan ?

Dalam hal ini anda harus mengerjakan serapi mungkin jangan sampai meninggalkan sesuatu yang dapat menggangu perjalanan pengemudi lain, mulai dengan membereskan bekas anda, kemudian merapikan kembali ban serp tadi dimana bisa anda taruh dulu di bagasi karena aka ditambal jangan langsung letakan pada posisiĀ  ban serp yang asli.

Saran saya, kalau sudah lama sekali maka diganti saja dengan yang baru karena semua ban mobil memiliki masa penggunaan maksimalnya kalau terus dipaksakan maka akan membahayakan anda dalam mengemudi lebih aman apalagi dalam perjalanan jauh misalkan.

Nah sampai disini, semoga saja bisa memberikan solusi kepada anda yang masih bingung mengenai cara mengganti ban serp mobil dengan cara yang sederhana, simple dan cepat semoga bermanfaat.