Mengenal Ragam Manfaat Pemeriksaan Laboratorium dalam Dunia Medis


 

Di dalam dunia media diagnosa suatu penyakit memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan, melainkan harus dengan hasil yang dibawa setelah melakukan serangkaian pemeriksaan. Salah satu diantaranya adalah pemeriksaan laboratorium. Tentunya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini bukan. Biasanya dokter sendiri memang akan menyarankan pasien untuk melakukan berbagai macam uji, mulai dari uji darah maupun juga urine yang sampelnya akan dibawa menuju laboratorium untuk diuji, setelah dilakukan pengujian baru nantinya akan ditemukan hasilnya.

 

Memang pada dasarnya diagnosa sebuah penyakit adalah tahap yang paling awal dan dunia medis. Baru setelah keluar diagnosa atau hasil nantinya dapat dilakukan pengobatan yang tepat sasaran. Mengingat memang pada dasarnya analisa paling awal yang dilakukan oleh dokter hanyalah sebuah kemungkinan dan belum tentu benar. Sehingga harus dilakukan beragam pemeriksaan penunjang untuk memastikan hal tersebut. Tentunya harus sesuai dengan keluhan-keluhan yang diberitahukan oleh pasien tersebut.

 

Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang didapat dengan melakukan pemeriksaan laboratorium ini? berikut diantaranya yang patut untuk diketahui, yaitu:

 

  1. Skrining terhadap sebuah penyakit, uji semacam ini adalah sebuah awal yang dilakukan untuk menguji sebuah penyakit. Apalagi penyakit yang pada dasarnya ada di dalam tubuh manusia dan memang tidak bisa terlihat secara langsung. sehingga harus dilakukan pengujian terlebih dahulu sebelum nantinya benar-benar ditemukan hasilnya.
  2. Dapat memastikan diagnosa sebuah penyakit, manfaat lainnya adalah memastikan diagnosa yang diberikan oleh dokter terhadap suatu penyakit tertentu. Karena bagaimanapun meskipun dokter sudah ahli dalam mengetahui sebuah penyakit hanya dengan melihat gejala-gejala yang diberitahukan oleh pasien, namun tetap harus ada bukti penunjang hal tersebut, jadi diagnosa yang diberikan juga akan lebih tepat sasaran.
  3. Digunakan untuk menemukan kemungkinan diagnosa yang biasanya menyamarkan gejala penyakit, terkadang dua penyakit berbeda memiliki gejala yang mirip. Hal ini tentunya yang kerab kali beresiko menyebabkan salah diagnosa tanpa adanya hasil yang benar-benar terlihat dari pengujian laboratorium.
  4. Digunakan untuk memprediksi perjalanan sebuah penyakit, dari hasil uji lab ini nantinya juga akan terlihat bagaimana perjalanan sebuah penyakit tersebut. apakah penyakit ini masih dalam tahap awal, menengah atau mungkin pada fase yang sudah parah. Sehingga pengobatan yang dipilih juga bisa lebih tepat sasaran untuk menuntaskan masalah tersebut.
  5. Memantau pengobatan yang dijalankan, efektivitas dari pengobatan yang dijalankan oleh pasien tersebut juga dapat dilihat dengan adanya pemeriksaan ini. karena memang tidak ada jaminan bahwa ternyata pengobatan yang dipilih dan juga sudah dijalankan tersebut benar-benar tepat untuk penyakit yang diderita oleh pasien, tanpa adanya hasil yang ditunjukkan.
  6. Guna mengetahui kemungkinan keberadaan kelainan atau penyakit yang dijumpai, misalnya adalah pada penderita diabetes melitus dimana kadar gula darah pasien yang mendadak tinggi, begitu juga demam berdarah yang dapat dilihat dari menurunnya jumlah trombosit yang ada dalam darah.

 

Penting sekali memang melakukan pemeriksaan laboratorium ini, namun juga tak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus oleh ahlinya disertai dengan beragam sarana penunjang yang lengkap. Sehingga dalam tahapan pemeriksaan ini pasien memang harus dibawa ke rumah sakit yang memiliki fasilitas atau sarana dan prasarana lengkap. Sekarang layanan untuk uji lab ini sendiri bisa dengan mudah Anda pesan dari Aido, bisa langsung pilah-pilih rumah sakit tujuan dengan bebas sesuai keinginan.