Menilik Manfaat Lain Banyaknya Bawang Putih untuk Anda

 

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang digunakan dalam berbagai olahan makanan. Seperti nasi goreng, tempe goreng, ayam goreng, sup, balado, bakwan, dan masakan lainnya. Selain masakan, bumbu dapur ini juga bisa dimanfaatkan untuk masih banyak hal lainnya dalam rumah tangga. Sehingga Anda bisa memanfaatkan bawang putih yang bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga sehari-hari yang akan bisa mengurangi budget hingga lebih praktis memanfaatkan bumbu dapur ini. Adapun beberapa jenis manfaat bawang putih adalah untuk kebutuhan rumah tangga seperti berikut ini.

Membantu Membersihkan Alat Rumah Tangga

Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk membantu membersihkan permukaan pada alat-alat rumah tangga. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan membersihkan berbagai alat yang ada di rumah. Bawang putih juga akan lebih aman dan mempunyai manfaat yang juga membuat alat tersebut terbebas dari kuman dan noda. Bawang putih dikenal mempunyai kandungan antibakteri dan antijamur, sehingga cocok digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan permukaan alat rumah tangga. Cara memanfaatkan bawang putih ini cukup mudah yaitu dengan menyiapkan tiga hingga empat siung bawang putih. Potong bawang putih dan masukkan ke dalam botol semprot. Tambahkan cuka putih dan minyak lemon, campuran ini bisa bermanfaat sebagai disinfektan dan pembersih dari bahan alami.

Mengatasi Rambut Rontok

Bawang putih mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Seperti dapat untuk membantu mengatasi ketombe hingga rambut rontok. Bawang putih dapat mencegah kerusakan yang dialami rambut. Selain itu bagi yang mempunyai masalah rambut rontok bisa diatasi dengan bahan alami ini karena kandungannya yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Bawang putih mempunyai kandungan antikoksidan, sulfur, dan kalsium yang dapat mencegah rambut rontok hingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Bawang putih juga mempunyai kandungan vitamin C yang akan dapat membuat pertumbuhan hingga menyuburkan rambut.

Perekat Alami

Bawang putih juga bisa bermanfaat untuk digunakan sebagai perekat alami. Haluskan bawang putih yang dibuat menjadi jus untuk dapat bermanfaat untuk perekat. Bahan bawang putih untuk perekat ini dapat digunakan pada kaca agar dapat rekat dan juga untuk kerajinan yang sedang dibuat. Sehingga apabila dalam keadaan darurat dan membutuhkan bahan perekat, bisa memanfaatkan bawang putih yang bisa didapatkan dengan mudah di dapur.

Pembunuh Hama dan Mengusir Serangga

Manfaat bawang putih terakhir untuk rumah tangga adalah dapat membantu membunuh hama dan serangga. Bahan ini dapat digunakan sebagai pestisida alami untuk membunuh hama dengan ampuh. Cara mudah memanfaatkannya adalah dengan memotong siung bawang putih dan masukkan ke dalam toples atau botol. Rendam botol tersebut ke dalam air mendidih dan biarkan semalaman. Saring dan tambahkan air, biarkan hingga membusuk dan baru bisa digunakan untuk membunuh hama dengan ampuh. Sedangkan untuk mengusir serangga, bawang putih bisa digunakan untuk mengusir kutu di dalam beras, mengusir nyamuk di kamar, dan mengusir serangga lainnya.

Sehingga tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, tetapi bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga lainnya. Anda bisa selalu menyediakan bawang putih di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengusir serangga hingga menjadi perekat di kala darurat. Beli bawang putih sekarang sangat mudah di TaniHub yang menyediakan produknya dengan harga terjangkau dan keuntungan dengan membelinya cukup dari gadget yang dipunyai saja, sehingga aman dan nyaman tinggal menunggu bawang putih diantar ke rumah.