Pahami Dulu Manfaatnya Sebelum Registrasi IB BRI

 

 

Sekarang memang sudah masanya serba internet, tak terkecuali untuk urusan keuangan. Jasa layanan perbankan sendiri memahami akan kebutuhan masyarakat dengan turut menawarkan layanan Internet Banking (IB). Setelah registrasi IB BRI , misalnya, para nasabah BRI bisa melakukan berbagai transaksi perbankan melalui koneksi internet dari perangkat komputer, laptop maupun ponsel, tanpa harus bergantung pada keberadaan mesin ATM dan kantor cabang.

 

Meskipun layanan internet banking sudah bukan lagi termasuk hal baru, masih ada saja orang yang merasa awam dan enggan untuk mulai memanfaatkan teknologi untuk memudahkan hidup mereka. Hal ini mungkin wajar mengingat orang memang cenderung hati-hati dengan yang namanya uang. Tak terkecuali Anda yang mungkin juga berpikir demikian. Nah, agar Anda lebih yakin jika ingin memanfaatkan layanan ini, tak ada salahnya mengenal dan memahami IB terlebih dahulu.

 

Internet banking bisa dikatakan aktivitas transaksi keuangan hubungannya dengan layanan perbankan yang bisa dilakukan dari mana saja oleh nasabah melalui akses jaringan internet. Artinya, untuk dapat melakukan transaksi keuangan dari layanan bank yang digunakan nasabah, mereka tidak perlu datang ke kantor cabang atau tergantung pada keberadaan mesin ATM lagi. Tentu saja, karena berbagai permintaan dapat dilakukan dari perangkat dengan akses internet.

 

Internet banking ini sendiri pertama kalinya diperkenalkan oleh Security First Network Bank. Sementara di Indonesia, saat ini cukup banyak bank yang menawarkan layanan IB seperti BRI, BNI, BCA, Bank Mandiri, Danamon, Niaga dan sebagainya. Beberapa bank menyebut layanan IB dengan Electronic Banking (e-Banking), Online Banking, Virtual Banking, Cyber Banking ataupun Home Banking.

 

Untuk menggunakan layanan IB pun cukup mudah dan bisa dikatakan identik meskipun bank memiliki sebutan layanan yang berbeda. Anda sebagai nasabah, hanya perlu mengunjungi situs resmi bank yang digunakan untuk bisa melakukan transaksi keuangan yang ditawarkan oleh bank. Jenis transaksi yang dapat dilakukan dari IB pun juga semakin beragam demi memenuhi kebutuhan dan kenyamanan nasabah, mulai dari cek saldo, transfer, mutasi rekening dan berbagai pembayaran anggaran bulanan seperti tagihan telepon dan listrik.

 

Cara untuk Registrasi IB BRI 

 

Untuk dapat menikmati layanan internet banking ini, nasabah bank perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar rekening yang mereka miliki dilengkapi dengan fasilitas canggih tersebut. Apabila Anda berencana untuk registrasi IB BRI, maka  proses yang Anda lakukan pun bisa dikatakan lebih mudah dibanding layanan lainnya.

 

Anda mungkin bisa membuat UserID terlebih dahulu di mesin ATM sebelum mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Atau, Anda juga bisa langsung datang ke kantor sambil membawa kartu ATM atau buku rekening dan salah satu dokumen identitas diri (KTP/ SIM/ Paspor/ KIMS) dan memiliki nomor handphone dari partner provider (Telkomsel, Indosat atau XL). Setibanya di kantor cabang, Anda kemudian mengisi formulir aplikasi Internet Banking. Pastikan pula, Anda memiliki alamat email aktif.

 

Anda juga bisa memiliki melakukan pendaftaran dan aktivasi layanan IB dari mesin ATM BRI dengan cara:  

 

  1. Masukkan kartu dan masukkan PIN ATM Anda
  2. Pada tampilan menu mesin ATM, pilih “Transaksi Lain”, lalu “Lainnya” kemudian pilih “Registrasi” dan lanjutkan dengan “Internet Banking”.
  3. Masukkan digit PIN yang Anda gunakan sebagai Password IB BRI lalu konfirmasi dengan menginput ulang PIN tadi.
  4. Muncul notifikasi bertulis registrasi IB BRI berhasil dilakukan dengan User ID untuk Login yang juga tercetak pada struk mesin ATM.
  5. Berikutnya, Anda bisa melakukan aktivasi dari perangkat handphone maupun laptop dengan mengakses ke ib.bri.co.id. atau, Anda juga bisa melakukan aktivasi tersebut dengan menginstall aplikasi BRI Mobile.

 

Anda juga bisa meningkatkan keamanan transaksi internet banking dengan melakukan aktivasi mToken BRI yang merupakan pengaman tambahan untuk tiap transaksi keuangan yang dilakukan, mulai dari transfer, bayar tagihan, bayar barang dan jasa, serta untuk keperluan ubah password dan email. Aktifasi mToken ini juga bisa Anda lakukan dari kantor cabang BRI.  

 

Registrasi IB BRI Sekarang Juga dan Nikmati Manfaatnya 

 

Manfaat utama dari hadirnya layanan IB adalah kemudahan yang dirasakan nasabah karena dapat melakukan berbagai transaksi melalu jaringan internet. Anda pun tak perlu lagi keluar rumah mencari mesin ATM atau pergi jauh-jauh ke kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan, kecuali tarik tunai. Anda sebagai nasabah diuntungkan dari segi waktu dan biaya, utamanya bagi mereka yang memiliki kecenderungan transaksi perbankan dalam bisnis yang tinggi.

 

Berbagai manfaat menggunakan layanan internet banking ini antara lain:

 

  1. Memeriksa informasi saldo tabungan, deposito dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan); Anda tidak perlu mencari ATM untuk sekedar cek saldo karena Anda bisa langsung mengetahuinya dari laptop atau smartphone yang terkoneksi internet.
  2. Melakukan mutasi rekening, transfer ke sesama BRI, antar bank serta RTGS; Anda sudah tidak perlu lagi mencari mesin ATM atau kantor cabang untuk mentransfer uang, cukup dengan login, masukkan nomor rekening tujuan dan nominal lalu konfirmasi. Uang pun sudah berpindah hanya dalam hitungan detik.
  3. Membayar berbagai tagihan seperti telepon, kartu kredit dan tagihan listrik; anggaran bulanan bisa dengan praktis Anda lunasi dengan mudah. Anda juga bisa melakukan pengaturan agar anggaran ini bisa didebit secara otomatis dari rekening. Anda pun bisa lebih tenang dari ancaman denda keterlambatan. Tidak ada lagi pengeluaaran yang tak seharusnya.
  4. Melakukan pembelian pulsa maupun uang elektronik; Anda juga bisa membayar pembelian pulsa elektrik untuk kebutuhan ponsel, modem maupun layanan telekomunikasi lainnya. Tetapi ingat untuk segera melakukan isi pulsa sebelum internet perangkat Anda habis dan tak bisa mengakses layanan internet banking BRI.
  5. Melakukan komunikasi ke Customer Service BRI dari fitur Inbox; Anda bisa mengirim pesan pada petugas CS seputar informasi layanan perbankan yang bisa saja sangat bermanfaat. Anda juga bisa menanyakan berbagai program baru yang ditawarkan bank BRI selain menanyakan masalah yang mungkin saja Anda temui.
  6. Mengamankan setiap transaksi dengan SMS mToken yang biayanya diambil dari pulsa nomor handphone; Bisa dikatakan ini adalah layanan yang wajib Anda gunakan apabila ingin memaksimalkan layanan internet banking. Tentu saja agar transaksi menjadi lebih aman karena sistem akan mengirim SMS notifikasi ke ponsel pribadi Anda sebelum mengeksekusi transaksi.

 

Demikianlah manfaat layanan internet banking yang juga ditawarkan oleh BRI untuk meningkatkan pelayanannya kepada para nasabah. Menghitung kecenderungan penggunaan layanan yang kini semakin tinggi dan manfaat yang ditawarkan, tentunya internet banking ini menjadi opsi yang layak untuk dipertimbangkan.