Pengertian dan Jenis Investasi Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi

Investasi dimasa sekarang sudah tidak asing dikalangan masyarakat Indonesia, sudah banyak yang melakukan investasi dengan berbagai macam tujuan salah satunya adalah sebagai asset yang dikembangan dengan tujuan akan menjadi semakin berkembang. Investasi bisa dilakukan secara lembaga dan secara individu, bentuk investasi adalah sebuah penanaman modal pada pihak lain dengan tujuan mendapat keuntungan dimasa yang akan datang.

Investasi bagi orang yang sudah lama berinvesatsi memang sudah tidak asing, akan tetapi bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan investasi perlu memperhatikan hal-hal penting tentang cara berinvestasi dengan benar. Invesasi mempunyai beberapa jenis dan setiap jenis investasi mempunyai keuntungan yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis investasi yang perlu anda ketahui diantaranya

  • Investasi jangka pendek
  • Investasi jangka panjang

1. Investasi jangla pendek

Investasi jangka pendek adalah sebuah investasi yang dilakukan dengan mengharapkan keuntungan dalam waktu satu sampai tiga tahun. Investasi jangka pendek merupakan sebuah investasi yang memiliki keuntungan tidak terlalu besar karena faktor waktu yang ditetapkan dalam jangka yang pendek. Jenis investasi jangka pendek sangat tepat dilakukan bagi para investor pemula. Adapun jenis investasi jangka pendek diantaranya

  • Saham

Investasi saham merupakan investasi yang dilakukan dengan membeli kepemilikan saham suatu perusahaan, jika performa perusahaan yang dibeli sahamnya meningkat maka investor akan mendapat pembagian laba keuntungan, namun jika permorma perusahaan menurun maka investor akan mengalami kerugian yang sama dialami oleh perusahaan tersebut. Dalam melakukan penanaman saham hal yang diperhatikan adalah investor harus mempunyai pengetahuan dan harus cermat menganalisa pasar.

  • Deposito bank

Deposito merupakan sebuah penyimpanan uang yang dilakukan di bank, penerikan deposito bisa dilakukan dengan batas waktu yang telah ditentukan dan sisepakati. Jumlah keuntungan melakukan investasi ini tidak begitu besar dan jika investor ingin menarik dana yang telah disimpan di bank maka harus sesuai dengan waktu yang telah disepakati, jika penarikan dana tidak sesuai dengan waktu yang disepakati maka investor akan dikenai denda.

2. Investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang  merupakan sebuah investasi yang dilakukan dengan penanaman modal dengan tujuan mendapat keuntungan besar dimasa mendatang, akan tetapi jenis investasi jangka panjang mempunyai syarat dana hanya bisa diambil dengan batas waktu diatas 3 tahun.  Investasi jangka panjang mempunyai tujuan diantaranya, sebagai tabungan untuk pendidikan, haji, umroh atau keperluan keluarga untuk masa mendatang. Adapun jenis investasi jangka panjang diantaranya

  • Reksa dana

Jenis investasi ini mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Dan jenis investasi ini bisa dilakukan khususnya pada investor tang kurang berpengalaman karena pada pengolahan investasi ini pihak pengolahan dana akan di kelola sepenuhnya oleh manajer investasi yang berpengalaman.

  • Obligasi

Jenis investasi yang disertakan surat hutang yang diberikan investor kepada peminjam dengan disertakan nama dan juga batas tempo waktu pembayaran serta disertakan jumlah bunga yang yang harus dibayarkan.

Kemajuan teknologi dimasa sekarang membuat banyak kemudahan yang dapat membantu aktifitas dalam melakukan peminjaman salah satunya adalah dengan bermunculnya P2P lending sebagai tempat peminjaman modal yang akan mempertemukan anatar pihak investor dan pihak peminjam. Berbeda dengan bank, P2P lending tidak memerlukan pihak ketiga atau perantara karena P2P lending tidak ikut dalam proses perjanjian yang akan dilakukan oleh pihak investor dan pihak peminjam, maka hal itu akan membuat proses peminjaman modal akan berjalan dengan cepat dan lebih efesien.