Pengertian KPJ Dan Cara Mengecek Nomor KPJ

KPJ itu apa? KPJ adalah kependekan dari Kartu Peserta Jamsostek. Sebenarnya istilah KPJ sudah tidak asing lagi bagi para peserta JAMSOSTEK maupun peserta BPJS Ketenagakerjaan. Meski hanya sebatas 3 kata, namun ternyata banyak orang atau peserta yang belum mengetahui KPJ itu apa sebenarnya.

Jika kamu juga belum tahu,  berikut ini akan dijelaskan pengertian KPJ dan cara mengecek nomor KPJ.

1. Pengertian KPJ

Nomor KPJ memang seringkali terabaikan terkecuali saat peserta membutuhkan informasi terkait nomor KPJ tersebut untuk hal – hal tertentu, baru mereka akan mulai cari tahu berapa nomor KPJ yang dimilikinya.

Sebenarnya nomor KPJ merupakan nomor unik untuk identitas peserta Jamsostek, sebaiknya nomor tersebut dicatat dan disimpan baik – baik. Hal itu tentunya berguna untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Sebab, suatu saat nanti kamu akan membutuhkan informasi terkait nomor KPJ JAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan kamu untuk beberapa kasus.

Misalnya saat kamu ingin melakukan pendaftaran layanan SMS 2757, saat ingin membuat akun di aplikasi BPJSTK Mobile, dan saat ingin mencantumkannya di surat keterangan kehilangan dari kepolisian seandainya kartu JAMSOSTEK atau kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu hilang, saat ingin melakukan pencairan baik yang 10 persen maupun 30 persen saat masih bekerja, atau 100 persen saat sudah tidak lagi bekerja, umumnya harus turut mencantumkan nomor KPJ dalam formulir pencairan.

2. Cara Mengetahui Nomor KPJ Pada Kartu JAMSOSTEK Untuk Karyawan Sebuah Perusahaan

Pada kartu JAMSOSTEK untuk karyawan di sebuah perusahaan terdapat beberapa baris data yang berisikan nomor. Nomor KPJ merupakan nomor yang terdiri atas 11 bentuk angka yang tercantum di baris paling atas yang sedikit besar dan ditebalkan.

Namun ada pula model kartu JAMSOSTEK lain untuk karyawan perusahaan yang meletakkan nomor KPJ dibagian tengah. Pada model kartu ini, format nomor akan disajikan dalam bentuk angka dan huruf.

3. Cara Mengetahui Nomor KPJ Pada Kartu BPJSTK Untuk Pekerja

Sebenarnya kartu BPJSTK merupakan kartu pengganti dari kartu JAMSOSTEK, karena itulah nomor yang tertera di kartu BPJSTK sering juga disebut sebagai nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ). Namun, sebenarnya yang lebih tepat itu disebut sebagai nomor BPJSTK saja.

Cara mengetahui nomor KPJ bagi kamu yang berstatus sebagai pekerja di perusahaan atau bekerja di pihak lain seperti di perusahaan, koperasi, lembaga, majikan, CV, PT, dan lainnya adalah bisa melihatnya di kartu BPJSTK kamu.

Nomor KPJ terletak dibagian bawah setelah nama peserta yang dicetak dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan data yang lain. Umumnya nomor KPJ terdiri dari 11 digit angka.

4. Cara Mengetahui Nomor KPJ Untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)

Sementara bagi yang berstatus sebagai pekerja bukan penerima upah (BPU) yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mandiri seperti pedagang, petani, nelayan, youtuber, penulis lepas, dan lain sebagainya tidak perlu mengecek nomor KPJ.

Sebab, mereka tidak memiliki nomor referensi. Nomor yang tertera di kartu BPJSTK bagi peserta – peserta BPU merupakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor KPJ-nya sama dengan nomor yang tertera di KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Jadi, nomornya bisa dilihat di KTP atau di kartu BPJSTK mandiri kamu.

Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor KPJ yang kartunya hilang? Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kembali nomor KPJ adalah dengan menghubungi langsung HRD perusahaan. Namun, jika pihak perusahaan tidak memiliki itikad baik untuk memberikan informasi nomor KPJ dengan alasan yang berbelit – belit, kamu masih bisa mengupayakannya dengan mendatangi langsung kantor BPJSTK terdaftar dengan membawa persyaratan seperti paklaring, E-KTP, dan KK.