Pilihan Menu Makanan Untuk Anak Diare Supaya Cepat Sembuh

 

Setiap manusia tentunya pernah merasakan sakit diare, hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja tidak terkecuali anak-anak. Agar diare pada anak lekas sembuh, maka sebagai orangtua harus memperhatikan makanannya. Karena tidak semua jenis makanan untuk anak diare boleh dikonsumsi.

Tidak semua makanan boleh dimakan oleh anak  yang mengalami masalah diare. Karena sebagian makanan justru mampu memperparah diare tersebut. Oleh karena itu ada beberapa jenis makanan yang bagus dikonsumsi saat anak mengalami diare. Inilah beberapa makanan yang dianjurkan.

1. Nasi Dan Bubur

Pada saat anak mengalami diare, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan tidak tinggi akan serat. Karena makanan yang tinggi serat mampu menyebabkan infeksi karena usus kesulitan mencerna makanan. Hal tersebut juga dapat memperparah dari gejala diare.

Serat yang ada di dalam perut dapat menghasilkan gas yang nantinya dapat diolah dengan bakteri hidup yang ada di dalam usus. Dengan demikian, makanan yang berserat mampu menumpukkan gas yang ada di perut sehingga memicu kembung dan juga buang angin. Oleh sebab itu nasi putih ataupun bubur bagus dikonsumsi oleh anak saat mengalami diare.

2. Buah Pisang Dan Apel

Buah merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Hal ini tentunya perlu dihindari oleh penderita diare. Namun terdapat beberapa buah yang memiliki kandungan serat yang rendah. Diantaranya adalah buah pisang dan juga apel. Kedua buah tersebut boleh dikonsumsi sebagai makanan untuk anak diare.

Kandungan karbohidrat dan juga gula yang ada di dalam buah pisang dan apel mampu meningkatkan stamina tubuh. Karena pada saat anak mengalami diare maka staminanya akan turun. Dengan mengonsumsi kedua buah tersebut dapat dijadikan solusi untuk tenaga pada anak yang sudah terbuang.

3. Makanan Dengan Probiotik

Probiotik merupakan salah satu makanan yang dapat menyehatkan dan memperbaiki sistem kinerja dari usus. Untuk itu mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik saat anak mengalami diare sangat dianjurkan. Selain itu dengan makan makanan yang mengandung probiotik mampu mengembalikan fungsi usus kembali normal.

Makanan yang mengandung probiotik dapat ditemukan pada yogurt dan juga tempe. Kedua makanan tersebut mudah untuk didapatkan. Saat memilih yogurt pastikan untuk melihat kandungan gula yang ada di dalamnya. Pastikan untuk membeli yogurt yang memiliki kadar gula rendah.

4. Sayuran Kacang Hijau Dan Juga Wortel

Mengkonsumsi sayuran sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. apabila anak mengalami diare maka dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran. Sayuran yang dianjurkan untuk penderita diare adalah sayur wortel dan kacang hijau.

makanan untuk anak diare seperti wortel dan kacang hijau tersebut aman dikonsumsi. Karena memiliki kandungan nutrisi yang penting dan dapat menggantikan nutrisi yang sebelumnya telah hilang. Untuk mengolahnya anda dapat mencampurkan sebagai pelengkap makanan, ataupun dapat dijadikan bubur.

Jangan asal memilih sayuran, karena tidak semua sayuran dapat dikonsumsi saat anak mengalami diare. Karena sayuran selain wortel dan kacang hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu memperburuk diare tersebut.

Penyakit diare memang rawan terjadi pada anak-anak. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan gizi yang terdapat pada makanan mampu menyebabkan infeksi pada usus. Sehingga anak akan terkena diare. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih makanan untuk anak diare yang aman dikonsumsi.