TIPS BUAT NAMA PRODUK YANG MENARIK UNTUK UMKM DARI PADI UMKM

TIPS BUAT NAMA PRODUK YANG MENARIK UNTUK UMKM DARI PADI UMKM

Ketika platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini hadir di tengah para pelaku usaha UMKM di Indonesia, berbagai pihak kementerian BUMN serta perusahaan BUMN lainnya beserta para UMKM lokal menyambutnya dengan penuh kebahagiaan dan suka cita. Keberadaan platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini diharapkan mampu membantu para UMKM lokal agar dapat go digital dan bertahan di situasi sulit sekarang ini terutama di masa depan.

Keunggulan platform digital jual barang dan jasa Pemerintah ini, UMKM tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk memperoleh pelanggan dan konsumen untuk membeli produk mereka. Feedback dan penilaian produk secara transparan dari pihak BUMN saat membeli produk UMKM juga menjadi keunggulan lainnya yang dimiliki platform digital ini, disaat pembeli percaya dan senang tentang produk tersebut maka pembeli lain akan berdatangan untuk membeli produk yang memiliki penilaian terbaik tersebut.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (29/12/20), PaDi UMKM mempunyai tips membuat nama produk jadi makin menarik dengan Langkah-langkah yang tepat. Nama produk yang menarik serta berbeda menjadi suatu senjata untuk memancarkan kelebihan dari produk tersebut yang juga dimiliki oleh toko lain namun berbeda dari segi tampilan dan promosinya. Jika tampilan tersebut sukses maka, konsumen akan dengan sangat mudah berbelanja kembali pada toko tersebut meskipun toko lain memiliki produk serupa yang terkadang berbeda dari segi harga.

Tidak hanya memberikan kemudahan dari segi penjualan secara digital, platform digital beli barang dan jasa pemerintah ini menginginkan adanya kemajuan dari berbagai UMKM lokal agar terus dapat bersaing untuk tingkat nasional maupun internasional agar semakin berkembang dan memajukan perekonomian Indonesia.

Langkah pertama, pastikan nama produk tersebut mengandung arti yang “Deskriptif”, yaitu langsung menjelaskan jenis produk yang ditawarkan. Misalkan, PaDi UMKM yaitu pasar digital UMKM yang di dalamnya menjual berbagai produk dari berbagai UMKM lokal yang berbentuk seperti pasar tapi dalam bentuk digital. Transaksinya pun seperti dipasar dimana pembeli dapat berkomunikasi secara langsung oleh penjual mengenai kualitas barang, harga, dan jumlah minimal serta maksimal pemesanan.

Langkah kedua, Nama produk yang unik dan mengandung arti yang berbeda. Keunikan yang ditemukan dari produk yang di dagangkan serta arti yang memiliki solusi dari setiap pertanyaan pembeli akan memudahkan para calon pembeli untuk mengingat produk yang dijual tersebut. Tingginya penjualan produk dari berbagai vendor tidak menutup kemungkinan, produk yang ditawarkan masih tetap dilirik oleh calon pembeli karena keunikan nama tersebut.

Langkah Ketiga, Konsisten dalam pembuatan nama produk terutama pada semua platform digital. Jangan sampai nama produk yang dipromosikan di media sosial sama namun di platform digital PaDi UMKM berbeda. Jika nama produk tersebut tidak konsisten, maka pembeli akan ragu saat membeli apakah produk yang dimaksud sama dengan produk yang mereka tuju, produk yang memiliki nama berbeda-beda saat berpromosi akan mempengaruhi nilai jual produk tersebut bahkan akan menjadi kendala dalam berbagai penjualan yang toko tersebut lakukan.